Buku Panduan Penilaian Untuk Jenjang SD Edisi Revisi Terbaru - RPP Kurikulum 2013 Revisi 2019

Buku Mapel, RPP, Buku Kerja Guru, Perangkat Akreditasi, Silabus, PERMENDIKBUD, Buku Kerja Kepala Sekolah, Tematik, KKM, SKL, KI-KD, Juknis TK, PAUD, SD, MI, SMP, MTs, SMA, MA, SMK

Buku Panduan Penilaian Untuk Jenjang SD Edisi Revisi Terbaru

Kurikulum, pembelajaran, dan penilaian adalah suatu komponen yang amat sangat penting dalam suatu kegiatan pembelajaran. Dimana Komponen-komponen tsb saling tterikat antara satu dengan yang lainnya. 

Seperti yang kita ketahui bahwa Kurikulum merupakan seperangkat rencana yang mencakup tujuan, isi, dan bahan pelajaran dan tentu saja yang paling penting yaitu kurikulum sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu., dimana pembelajaran dilaksanakan dengan tujuan yaitu untuk mencapai kompetensi yang dirumuskan dalam kurikulum. Dan sementara itu Penilaian adalah merupakan suatu proses pengumpulan dan pengolahan informasi dimana penailaian penilaian bertujuan untuk mengukur pencapaian hasil belajar siswa. Dimana dalam melakukan penilaian, Guru dan satuan pendidikan tentu saja harus mengacu pada Standar Penilaian Pendidikan.

Salah satu tugas pendidik dan satuan pendidikan yaitu diantaranya adalah Mengelola pembelajaran dan penilaian yang bermutu. Dengan melaksanakan pembelajaran dan penilaian, tentunya guru diyakini mampu melaksanakan fungsi sumatif penilaian yaitu mengukur dan menilai tingkat pencapaian kompetensi peserta didik serta mendeskripsikan capaian hasil pembelajaran peserta siswa, dan tentunya fungsi formatif yaitu mendiagnostik kesulitan belajar siswa dalam pembelajaran, memberi petunjuk bagi guru dan siswa dalam meningkatkan mutu pembelajaran, 
Harus diketahui bahwa Penilaian dilaksanakan harus berdasar atas prinsip-prinsip seperti diantaranya Sahih, Objektif, Adil, Terpadu, Terbuka, Menyeluruh, Sistematis, Beracuan kriteria dan Akuntabel.
Buku Panduan Penilaian Untuk Jenjang SD Edisi Revisi Terbaru
Lingkup penilaian hasil belajar yang dilaksanakan oleh guru diantaranya mencakup aspek sikap, aspek pengetahuan, dan aspek keterampilan,   dan adapun lingkup penilaian hasil belajar yang di laksanakan oleh satuan pendidikan diantaranya mencakup aspek pengetahuan dan aspek keterampilan.
  1. Penilaian sikap diartikan sebagai penilaian terhadap perilaku siswa dalam proses pembelajaran yang meliputi diantara seperti sikap spiritual dan sosial. Dimana Penilaian sikap terbagi atas penilaian utama dan penilaian penunjang, Dimana Penilaian utama dihasilkan dari hasil observasi harian yang ditulis di dalam jurnal harian.  Adapun penilaian penunjang diperoleh dari penilaian diri dan penilaian antarteman, hasilnya dapat dijadikan sebagai alat konfirmasi dari hasil penilaian sikap oleh pendidik.
  2. Untuk Penilaian pengetahuan (yang terdapat pada KD dari KI-3) dilaksanakan dengan cara mengukur penguasaan peserta didik yang mencakup dimensi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognisi dalam berbagai tingkatan proses berpikir. Dan untuk prosedur penilaian pengetahuan ini diawali dengan penyusunan perencanaan, pengembangan instrumen penilaian, pelaksanaan penilaian, pengolahan, dan pelaporan, serta pemanfaatan hasil penilaian. Dimana Teknik penilaian pengetahuan ini lakukan dengan menggunakan tes tertulis, lisan, dan penugasan.
  3. Dan untuk Penilaian keterampilan (yang terdapat pada KD dari KI-4) dilaksanakan dengan teknik penilaian seperti Penilaian kinerja, penilaian proyek, dan portofolio.
Back To Top