Download Silabus Matematika Kelas 1,2,3,4,5 & 6 SD Kurikulum 2013 Revisi Terbaru - Perangkat Pembelajaran Kompetensi Abad 21

Buku Mapel, RPP, Buku Kerja Guru, Perangkat Akreditasi, Silabus, PERMENDIKBUD, Buku Kerja Kepala Sekolah, Tematik, KKM, SKL, KI-KD, Juknis TK, PAUD, SD, MI, SMP, MTs, SMA, MA, SMK

Download Silabus Matematika Kelas 1,2,3,4,5 & 6 SD Kurikulum 2013 Revisi Terbaru

Seperti yang kita ketahui bahwa pembelajaran matematika bertujuan agar siswa memiliki kecakapan atau kemahiran matematika. Dimana kecakapan atau kemahiran matematika merupakan bagian dari kecakapan hidup yang harus dimiliki siswaterutama dalam pengembangan penalaran, komunikasi, dan pemecahan masalah (problem solving) yang dihadapi dalam kehidupan siswasehari-hari. Matematika selalu digunakan dalam segala segi kehidupan.

Pada Kurikulum 2013 untuk jenjang sekolah dasar, terdapat perubahan pada pembelajaran matematika, yaitu konsep pembelajaran terpadu tematik integratif dengan mata pelajaran lain ini tentu saja berlaku mulai  dari kelas 1 hingga kelas 6 dan tentu saja perubahan ini berdampak pada proses pembelajaran matematika, dimana pembelajaran matematika dapat berorientasi pada pengayaan antar mata pelajaran, pengembangan kemampuan berpikir, 

Pembelajaran matematika di sekolah dasar diarahkan untuk mendorong siswa mencari tahu dari berbagai sumber, mampu merumuskan masalah bukan hanya menyelesaikan masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari. Disamping itu, pembelajaran diarahkan untuk melatih siswaberpikir logis dan kreatif bukan sekedar berpikir mekanistis serta mampu bekerja sama dan berkolaborasi dalam menyelesaikan masalah.

Pembelajaran matematika dilaksanakan dalam rangka untuk mencapai kompetensi diantaranya sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan. Dimana pengembangan kompetensi sikap spiritual dan sikap sosial dilaksanakan melalui kegiatan pembelajaran tidak langsung.
Silabus mapel Matematika sekolah dasar disusun dengan format dan penyajian/penulisan yang sederhana sehingga mudah dipahami dan dilaksanakan oleh guru, dimana penyederhanaan format bertujuan agar proses penyajiannya lebih efisien, tidak terlalu banyak halaman namun lingkup dan substansinya tidak berkurang, serta tetap mempertimbangkan tata urutan (sequence) materi dan kompetensinya. 

Penyusunan silabus mata pelajaran matematika dilakukan berdasar atas keselarasan antara ide, desain, dan pelaksanaan kurikulum ini tentu saja memiliki tujuan agar mudah diajarkan oleh guru dan mudah dipelajari oleh siswa .
Pembelajaran matematika di lingkungan sekolah diharapkan memberikan kontribusi untuk mendukung pencapaian kompetensi lulusan pendidikan dasar dan pendidikan menengah melalui pengalaman belajar, agar mampu: 
  1. memahami konsep dan menerapkan prosedur matematika dalam kehidupan sehari-hari, 
  2. membuat generalisasi berdasarkan pola, fakta, fenomena atau data yang ada, 
  3. melakukan operasi matematika untuk penyederhanaan, dan analisis komponen yang ada,
  4. mlakukan penalaran matematis yg meliputi membuat dugaan dan  memverifikasinya 
  5. memecahkan masalah dan mengomunikasikan gagasan melalui simbol, tabel, diagram, atau media lain untuk memperjelas keadaan atau masalah,
  6. menumbuhkan sikap positif seperti sikap logis, kritis, cermat, teliti, dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah.

Tag : Silabus
Back To Top