Silabus Bahasa Inggris SMP/MTs Kelas 7, 8 dan 9 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru - RPP Kurikulum 2013 Revisi 2019

Buku Mapel, RPP, Buku Kerja Guru, Perangkat Akreditasi, Silabus, PERMENDIKBUD, Buku Kerja Kepala Sekolah, Tematik, KKM, SKL, KI-KD, Juknis TK, PAUD, SD, MI, SMP, MTs, SMA, MA, SMK

Silabus Bahasa Inggris SMP/MTs Kelas 7, 8 dan 9 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru

Mata pelajaran Bahasa Inggris Bagi satuan pendidikan Sekolah Menengah Pertama/Madrasah tsanawiyah (SMP/MTs) adalah bertujuan untuk mengembangkan potensi siswa supaya siswa memiliki kompetensi komunikatif dalam teks interpersonal, transaksional, dan fungsional, dengan menggunakan berbagai teks berbahasa Inggris lisan dan tulis.

Dalam menggunakan teks-teks tersebut, siswa dibimbing untuk menggunakan pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural, serta menanamkan nilai-nilai luhur karakter bangsa, dalam konteks kehidupan di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat.

Seperti yang kita ketahui bahwa Kurikulum 2013 mengutamakan pendekatan saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, dan mengomunikasikan), dan didukung oleh beberapa pendekatan inovatif lainnya, seperti problem-based learning, discovery learning, explorative learning, project-based learning, dan sebagainya, yang semuanya kurang lebih mengacu pada makna ‘alami, sesuai fitrah manusia’: terpusat pada peserta didik, autentik, kontekstual, dan bermakna bagi kehidupan peserta didik sehari-hari. 

Dimana Pendekatan-pendekatan tersebut selaras dengan prinsip-prinsip pembelajaran bahasa Inggris berbasis genre atau teks, yang menjadi dasar dari silabus ini, yang berdasarkan pada serangkaian konsep tentang bahasa, fungsi, serta penggunaannya seperti yang diuraikan sebelumnya. 

Pembelajaran tersebut tentunya sangat diperlukan ini tentunya bertujuan untuk mendorong siswa agar bersikap mandiri, aktif terlibat dalam proses pembelajaran, bekerjasama dengan teman, berpikir eksploratif dan kritis, dan secara proaktif memperoleh bimbingan dan arahan dari guru.

Silabus Mata pelajaran Bahasa Inggris disusun dengan format dan penyajian/penulisan yang sederhana sehingga mudah dipahami dan dikerjakan oleh guru. Dimana penyederhanaan format tersebut bertujuan agar penyajiannya lebih efisien,

Penyusunan silabus Mata pelajaran Bahasa Inggris dilaksanakan dengan prinsip keselarasan antara ide, desain, dan pelaksanaan kurikulum; mudah diajarkan oleh guru (teachable); mudah dipelajari oleh siswa (learnable); terukur pencapainnya (measurable); dan bermakna untuk dipelajari (worth to learn) sebagai bekal untuk kehidupan dan kelanjutan pendidikan peserta didik. 
Silabus Bahasa Inggris SMP/MTs Kelas 7, 8 dan 9 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru
Komponen silabus Mata pelajaran Bahasa Inggris diantaranya mencakup kompetensi dasar (KD), materi pembelajaran, dan kegiatan pembelajaran. Dimana uraian pembelajaran yang ada didalam silabus merupakan alternatif kegiatan yang disusun berbasis aktivitas. 

Pembelajaran ini tentunya merupakan alternatif dan inspiratif sehingga tenaga pendidik bisa mengembangkan berbagai model yang sesuai dengan karakteristik masing-masing mata pelajaran. Didalam menggunakan silabus ini tenaga pendidik tentunya harus kreatif dalam pengembangan materi, pengelolaan proses pembelajaran, penggunaan metode dan model pembelajaran, yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi masyarakat serta tingkat perkembangan kemampuan siswa.

Tag : Silabus
Back To Top