Silabus IPA SD/MI Kelas 1,2,3,4,5 & 6 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru - Perangkat Pembelajaran Kompetensi Abad 21

Buku Mapel, RPP, Buku Kerja Guru, Perangkat Akreditasi, Silabus, PERMENDIKBUD, Buku Kerja Kepala Sekolah, Tematik, KKM, SKL, KI-KD, Juknis TK, PAUD, SD, MI, SMP, MTs, SMA, MA, SMK

Silabus IPA SD/MI Kelas 1,2,3,4,5 & 6 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru

Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan aspek pendidikan yang menggunakan sains sebagai alat agar mencapai tujuan pendidikan, Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) atau sains ialah suatu upaya sistematis untuk menciptakan, membangun, dan mengorganisasikan pengetahuan tentang gejala alam. Dimana Upaya ini berawal dari sifat dasar manusia yang penuh dengan rasa ingin tahu. Kemudian rasa ingin tahu ini kemudian diaplikasiakan dan ditindaklanjuti dengan cara penyelidikan untuk mencari keterangan ataupun penjelasan yang paling sederhana namun akurat dan konsisten untuk menjelaskan dan memprediksi gejala-gejala alam. 

Dimana penyelidikan dilaksanakan dengan cara mengintegrasikan kerja ilmiah dengan tentunya mengutamakan keselamatan kerja yang meliputi beberapa kegiatan diantaranya seperti mengamati, merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, merancang percobaan, mengumpulkan data, menganalisis, akhirnya menyimpulkan dan memberikan rekomendasi, serta melaporkan hasil percobaan secara lisan maupun tulisan.

Pembelajaran IPA merupakan suatau wahana sebagai penumbuhan dan penguatan sikap, pengetahuan, dan keterampilan secara terus-menerus pada diri siswa dari berbagai jenjang pendidikan. 

Dalam pembelajaran IPA yang meliputi diantaranya seperti kerja ilmiah, makhluk hidup dan proses kehidupan, zat dan sifatnya, energi dan perubahannya, bumi dan antariksa, serta keterkaitan antara sains, lingkungan, teknologi, dan masyarakat, tentunya siswa diharapkan agar dapat mengembangkan sikap, pengetahuan, dan keterampilannya.

Seperti yang kita ketahui bersama mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam diajarkan sejak mulai Sekolah Dasar SMA dimana untuk jenjang SD/MI Kelas 1, 2, dan 3 ini tentunya muatan sains diintegrasikan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, sedangkan untuk Kelas 4, 5, dan 6) mata pelajaran IPA berdiri sendiri akan tetapi pembelajarannya menerapkan pembelajaran tematik terpadu. Mata pelajaran IPA di SMP/MTs menerapkan pembelajaran sains terpadu. Di tingkat Sekolah Menengah Atas Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam merupakan mata pelajaran yang spesifik yang terbagi kedalam mata pelajaran Fisika, Kimia, dan Biologi.

Silabus Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) bersipat fleksibel, kontekstual, dan tentunya memberikan kesempatan kepada para pendidik untuk dapat mengembangkan dan melaksanakan pembelajaran, 

Pembelajaran di SD/MI dari Kelas I sampai dengan Kelas VI dilaksanakan sebagai pembelajaran tematik terpadu. Silabus Tematik Terpadu untuk jenjang Sekolah Dasar disusun terpisah dengan dokumen ini sebagai acuan dalam menyusun perencanaan pembelajaran dan pelaksanaan di sekolah.

Download Silabus IPA SD/MI Kelas 1,2,3,4,5 & 6 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru
Tag : Silabus
Back To Top