Silabus Seni Budaya SMP/MTs Kelas 7, 8 & 9 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru - RPP Kurikulum 2013 Revisi 2019

Buku Mapel, RPP, Buku Kerja Guru, Perangkat Akreditasi, Silabus, PERMENDIKBUD, Buku Kerja Kepala Sekolah, Tematik, KKM, SKL, KI-KD, Juknis TK, PAUD, SD, MI, SMP, MTs, SMA, MA, SMK

Silabus Seni Budaya SMP/MTs Kelas 7, 8 & 9 Kurikulum 2013 Revisi Terbaru

Pembelajaran Seni Budaya merupakan elemen terpenting dalam perkembangan dan kebutuhan siswa hal ini tentu saja dikarenakan seni budaya memiliki keunikan, kebermaknaan, dan kebermanfaatannya. 

Dimana Pembelajaran Seni Budaya dilaksanakan dengan memberikan pengalaman estetik yang mencakup diantaranya seperti konsepsi, apresiasi, kreasi dan koneksi. Dimana ke 4 aspek tersebut menjadikannya selaras dengan Kompetensi Inti (KI) yang terdapat pada kurikulum 2013

Ada 3 sipat yang dimiliki mata pelajaran Seni Budaya diantaranya yaitu 
  1. sifat multilingual, 
  2. multidimensional, dan 
  3. multikultural. 
Dimana multilingual memiliki arti pengembangan kemampuan mengekspresikan diri secara kreatif dengan berbagai cara dan media seperti bahasa rupa, bunyi, gerak, peran dan berbagai perpaduannya.

Sedangkan multidimensional memiliki arti yaitu pengembangan beragam kompetensi meliputi konsepsi (pengetahuan, pemahaman, analisis, evaluasi), apresiasi, dan kreasi dengan cara memadukan secara harmonis unsur estetika, logika, kinestetika, dan etika. 

Sifat multikultural memiliki arti bahwa pendidikan seni menumbuh kembangkan kesadaran dan kemampuan apresiasi terhadap beragam seni budaya. Tentu saja ini merupakan wujud pembentukan sikap demokratis yang memungkinkan seseorang hidup secara beradab serta toleran dalam masyarakat dan budaya yang majemuk. 

Dalam Pembelajaran Seni budaya disekolah menengah mata pelajaran Seni Budaya memiliki kekhasan tersendiri sesuai dengan kaidah keilmuan masing-masing yaitu diantaranya seperti aspek seni rupa, musik, tari, dan teater. didalam seni budaya, pelaksanaan berkesenian harus menampung kekhasan tersebut, dan sekolah wajib melaksanakan atu menjalankan minimal dua aspek seni yang bisa disesuaikan dengan minat siswa, kondisi sekolah dan budaya masyarakatnya 

Dalam Penyusunan Silabus mata pelajaran seni budaya untuk jenjang pendidikan SMP/MTs kelas 7, 8, dan 9 ini disusun dengan format dan penyajian dan penulisan yang sangat sederhana ini tentu saja bertujuan agar tenaga pendidik lebih mudah memahami dan melaksanakan silabus tersebut. 

Penyederhanaan format dalam silabus ini bertujuan agar penyajiannya lebih efisien, tidak terlalu banyak halaman namun lingkup namun substansinya tidak berkurang, dan tentunya tetap mempertimbangkan tata urutan (sequence) materi dan kompetensinya. 

Dalam penyusunan silabus mata pelajaran seni budaya dilaksanakan atas prinsip keselarasan antara ide, desain, dan pelaksanaan kurikulum sehinga silabus tersebut mudah diajarkan oleh tenaga pendidik, mudah dipelajari dan dipahami oleh peserta didik, dan tentunya terukur pencapainnya dan yang lebih penting lagi yaitu bermakna untuk dipelajari dimana hal tersebu dapat dijadikan bekal dalam kehidupan dan kelanjutan pendidikan peserta didik. 

Adapun komponen silabus untuk mata pelajaran seni budaya diantaranya mencakup kompetensi dasar, materi pembelajaran, dan kegiatan pembelajaran. dan harus diketahui bahwa uraian pembelajaran yang terdapat dalam silabus merupakan alternatif kegiatan yang dirancang berbasis aktivitas. 

Dalam melaksanakan silabus mata pelajaran seni budayatenaga pendidik ddiminta agar kreatif dalam pengembangan materi, pengelolaan proses pembelajaran, penggunaan metode dan model pembelajaran, yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi masyarakat serta tingkat perkembangan kemampuan siswa.
Tag : Silabus
Back To Top