Buku Panduan Penilaian KKM, remedial, dan pengayaan SMP Kurikulum 2013 Terbaru - Perangkat Pembelajaran Kompetensi Abad 21

Buku Mapel, RPP, Buku Kerja Guru, Perangkat Akreditasi, Silabus, PERMENDIKBUD, Buku Kerja Kepala Sekolah, Tematik, KKM, SKL, KI-KD, Juknis TK, PAUD, SD, MI, SMP, MTs, SMA, MA, SMK

Buku Panduan Penilaian KKM, remedial, dan pengayaan SMP Kurikulum 2013 Terbaru

Berdasarkan hasil evaluasi dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 untuk jenjang SMP pada tahun 2014 yang menunjukkan bahwa salah satu kesulitan guru dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 salah satunya adalah dalam melaksanakan penilaian. 

Dimana Sekitar 60% responden guru menyatakan, bahwa mereka belum dapat merancang, melaksanakan, mengolah, melaporkan, dan memanfaatkan hasil penilaian dengan baik. Dimana kesulitan utama yang dihadapi pendidik yaitu diantaranya: merumuskan indikator, menyusun butir­butir in­ strumen, dan melaksanakan penilaian sikap dengan berbagai macam teknik. Selain itu, banyak di antara pendidik yang kurang percaya diri dalam melaksanakan penilaian keteram pilan. Mereka belum sepenuhnya memahami bagaimana me­ nyusun instrumen dan rubrik penilaian keterampilan.

Penilaian merupakan suatu proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar siswa. Dimana pengumpulan informasi trsebut ditempuh melalui berbagai teknik penilaian, menggunakan berbagai instrumen, dan tentunya berasal dari berbagai sumber. Dan tentunya penilaian tentunya juga harus dilaksanakan secara efektif. 

Penilaian tentunya harus memberikan hasil yang bisa diterima oleh semua pihak, diantaranya baik pihak yang dinilai, pihak yang menilai, maupun pihak lain yang akan menggunakan hasil penilaian tersebut. 

Tentunya hasil penilaian akan akurat jika instrumen yang digunakan untuk menilai, proses penilaian, analisis hasil penilaian, dan objektivitas penilai dapat dipertanggungjawabkan. Maka untuk itu perlu dirumuskan prinsip­prinsip penilaian yang dapat menjaga agar orientasi penilaian tetap pada framework atau rel yang telah ditetapkan.

Dimana manfaat dari penilaian bukan sekadar ingin mengetahui pencapaian hasil belajar saja, justru ini yang lebih penting yaitu bagaimana penilaian mampu meningkatkan kemampuan peserta didik dalam proses belajar.dimana Penilaian seharusnya dilaksanakan melalui tiga pendekatan, yaitu assessment of learning (penilaian akhir pembelajaran), assessment for learning (penilaian untuk pembelajaran), dan assessment as learning (penilaian sebagai pembelajaran).

Jika anda melakukan penilaian tentunya harus memperhatikan prinsip­prinsip berikut ini.
1. Sahih
2. Objektif
3. Adil
4. Terpadu 
5. Terbuka
6. Menyeluruh dan Berkesinambungan 
7. Sistematis 
8. Beracuan kriteria
9. Akuntabel 
Kurikulum 2013 merupakan kurikulum berbasis kompetensi. Hal penting yang harus diperhatikan ketika melaksanakan penilaian dalam Kurikulum 2013 adalah KKM, remedial, dan pengayaan.
Download Buku Panduan Penilaian KKM, remedial, dan pengayaan SMP Kurikulum 2013 Terbaru 
Tag : Juknis
Back To Top