Buku PJOK Kelas 9 Kurikulum 2013 Tahun Ajaran 2017/2018 - RPP Kurikulum 2013 Revisi 2019

Buku Mapel, RPP, Buku Kerja Guru, Perangkat Akreditasi, Silabus, PERMENDIKBUD, Buku Kerja Kepala Sekolah, Tematik, KKM, SKL, KI-KD, Juknis TK, PAUD, SD, MI, SMP, MTs, SMA, MA, SMK

Buku PJOK Kelas 9 Kurikulum 2013 Tahun Ajaran 2017/2018

Pendidikan jasmani adalah proses pendidikan yang memanfaatkan aktivitas jasmani sebagai upaya untuk membangun kemandirian dan kesejahteraan hidup manusia. Suatu proses pendidikan melalui aktivitas jasmani untuk hidup manusia. Pendidikan jasmani terambil dari keinginan untuk menghubungkan manusia dengan lingkungannya melalui gerak. Konsep jasmani dalam kepemilikannya menghubungkan dirinya dengan lingkungannya. Jasmani dalam potensi geraknya itu membantu, memandirikan, dan menyejahterakan dirinya. Sebagai contoh, ketika siswa berjalan kaki memasuki lingkungan sekolah, gerak berjalan kaki itulah yang menghubungkan diri siswa dengan lingkungan sekolahnya. Lebih lanjut, karena keikatan antara jasmani dan rohani, pendidikan jasmani tidak hanya membina jasmani, tetapi juga bersinggungan dengan dimensi pikiran, mental, dan sosial siswa, atau bahkan spiritual siswa, pendidikan jasmani sering disebut pula sebagai proses pendidikan yang membangun manusia seutuhnya.

Pendidikan jasmani terkait proses pembelajaran yang membangun pada olahraga siswa dicirikan oleh kentalnya proses belajar-mengajar terarah pada siswa mengusai berbagai bentuk teknik dasar kecabangan olahraga. Olahraga lebih bermakna sebagai tujuan daripada sebagai alat pendidikan. Olahraga sebagai tujuan termaknai pula ke dalam bentuk pendidikan olahraga, yaitu pendidikan ke dalam olahraga, terutama dalam naungan sebagai bentuk sosialisasi olahraga atau memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat. Gerakan membangun olahraga pada kalangan siswa makin menguat ketika secara politis diluncurkan kebijakan untuk membangun olahraga di setiap segmen masyarakat.

Pengajaran pendidikan jasmani sesungguhnya adalah kegiatan merancang dan menyajikan tugas belajar gerak dan/atau olahraga, yang secara sengaja disituasikan sehingga terbentuk belajar siswa. Tugas pengalaman belajar gerak dan atau olahraga itu berhikmah, bermanfaat, dan berkontekstual dengan kebutuhan siswa baik kini maupun masa mendatang. Belajar yang disituasikan secara sengaja itu menyebabkan tumbuhnya belajar siswa, yang membangun dan mengembangkan sosial siswa, dan belajar motorik siswa. Tujuan utama yang harus diciptakan guru adalah belajar siswa dalam spektrum pengembangannya itu sehingga mendapatkan keluaran sesuai dengan aspek yang ingin dikembangkan guru. Secara sistem perancangan dan penyajian tugas belajar gerak adalah input, belajar siswa dalam spektrumnya adalah proses, dan kondisi sehat bugar, karakter, menguasai teknik dasar, riang/ gembira, serta berkompetensi gerak adalah output dari suatu proses belajar siswa

Tugas belajar gerak adalah pengalaman-pengalaman gerak khusus yang dirancang untuk membangun belajar siswa. Tugas belajar gerak adalah kegiatan siswa yang terkait dengan isi atau tujuan gerak itu sendiri. Tugas belajar gerak memiliki dimensi isi, suatu orientasi tujuan dan dimensi keorganisasian yang memerlukan fokus, seperti:
  1. Isi tugas gerak, yaitu isi gerak ketika siswa diminta melakukan tugas gerak itu. 
  2. Orientasi tujuan tugas gerak mendiskripsikan kualitatif, atau tujuan, aspek dari pengalaman gerak.
  3. Pengorganisasian tugas gerak dipusatkan ke dalam pengaturan waktu, ruang, siswa, dan peralatan, kesemua ini dirancang untuk menumbuhkan belajar gerak siswa.
Adapun Ruang Lingkup Materi Pembelajaran PJOK Kelas 9 diantaranya sebagai berikut

BAB I. PERMAINAN BOLA BESAR
  1. Permainan Sepak Bola 
  2. Permainan Bola Basket 
  3. Permainan Bola Voli
BAB II. PERMAINAN BOLA BESAR
  1. Permainan Tenis Lapangan 
  2. Permainan Tenis Meja
  3. Permainan Bulu Tangkis
BAB III. ATLETIK 
  1. Variasi Kombinasi Lari 
  2. Variasi Kombinasi Lompat 
  3. Variasi Kombinasi Lari
BAB IV. OLAHRAGA BELA DIRI
  1. Permainan Kupu-Kupu Terbang Kian Kemari
  2. Permainan Kereta Dorong 
  3. Permainan Putri Berhias 
BAB V. KEBUGARAN JASMANI 
  1. Manfaat Melakukan Kebugaran Jasmani 
  2. Tujuan Latihan Kebugaran Jasmani dan Komponen Jasmani
  3.  Unsur-Unsur Kebugaran Jasmani
BAB VI. SENAM ...
BAB VII. AKTIVITAS RITMIK 
BAB VIII. RENANG

Download Buku PJOK Kelas 9 Kurikulum 2013 Tahun Ajaran 2017/2018 (Siswa)
Tag : Buku Mapel
Back To Top