Download Silabus IPA Kelas 7, 8 & 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 Tahun Ajaran 2017/2018 - Perangkat Pembelajaran Kompetensi Abad 21

Buku Mapel, RPP, Buku Kerja Guru, Perangkat Akreditasi, Silabus, PERMENDIKBUD, Buku Kerja Kepala Sekolah, Tematik, KKM, SKL, KI-KD, Juknis TK, PAUD, SD, MI, SMP, MTs, SMA, MA, SMK

Download Silabus IPA Kelas 7, 8 & 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 Tahun Ajaran 2017/2018

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa silabus merupakan acuan bagi guru mata pelajaran dalam penyusunan rencana pembelajaran, pengelolaan kegiatan pembelajaran dan pengembangan penilaian hasil pembelajaran, dimana silabus ini berisikan komponen dasar diantara seperti materi pembelajaran, contoh kegiatan pembelajaran dan kompetensi dasar yang harus dicapaioleh peserta didik.

Penyusunan silabus ini dikususkan bagi mereka para pelaksana pendidikan atau pihak-pihak terkait yang memiliki kepentingan tertentu terhadap kemajuan hasil belajar peserta didik, dimana pengembangan silabus bisa kerjakan para guru secara mandiri atau berkelompok, ataupun bisa dikoordinasikan oleh Dinas Pendidikan setempat.
Download Silabus IPA Kelas 7, 8 & 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 Tahun Ajaran 2017/2018
Untuk itu seorang guru harus mampu mengembangkan silabus yang sesuai dengan kompetensi mengajar secara mandiri sehingga dapat menyesuaikan karakteristik siswa, sesuai dengan kondisi sekolah dan kondisi lingkungan siswa tsb.

Silabus mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam untuk jenjang SMP/MTs disusun bedasar atas format dan penyajian ataupun penulisan yang amat sederhana sehingga tentunya mudah dipahami dan dilaksanakan oleh guru. Silabus mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam untuk jenjang SMP/MTs ini bersifat fleksibel, kontekstual, dan tentunya memberikan kesempatan kepada para pengajar agar dapat mengembangkan dan melaksanakan pembelajaran dengan mengakomodasi kearifan lokal.

Dimana Komponen silabus mencakup Kompetensi Dasar, Materi pembelajaran dan Contoh Kegiatan pembelajaran dan Penyusunan Silabus nya pun dikerjakan berdasarkan prinsip-prinsip diantaranya sebagai berikut
a. Memiliki Keselarasan antara ide, desain, dan pelaksanaan kurikulum
b. Sangat Mudah diajarkan dan dapat dikelola oleh Tenaga pengajar
c. Sangat Mudah dipelajari dan dipahami peserta didik
d. Terukur pencapaiannya dan 
e. dan tentunya Bermakna untuk dipelajari dimana ini sebagai bekal untuk kehidupan dan kelanjutan pendidikan peserta didik .

Dan atas dasar prinsip tersebut, maka untuk itu tenaga pengajar diharapkan agar lebih kreatif dalam mengembangkan materi, pengelolaan proses pembelajaran, penggunaan metode dan model pembelajaran dengan menyesuaikan diantaranya seperti Karakteristik masing-masing mata pelajaran, Situasi dan kondisi masyarakat dan Tingkat perkembangan kemampuan peserta didik

Seperti yang kita ketahui bahwa Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam untuk jenjang SMP/MTs ini menerapkan pembelajaran sains terpadu. Dan untuk tingkat SMA/MA Ilmu Pengetahuan Alam disajikan sebagai mata pelajaran yang spesifik yang terbagi dalam mata pelajaran Fisika, Kimia, dan Biologi.

Adapun Kegiatan pembelajaran ilmu alam didasarkan pada metode ilmiah yang mencakup diantaranya seperti:
1. mengamati
2. merumuskan masalah
3. merumuskan hipotesis
4. merancang percobaan
5. mengumpulkan data
6. menganalisis
7. menyimpulkan dan memberikan rekomendasi
8. mengkomunikasikan hasil

Dan perumusan Kompetensi Dasar (KD) untuk mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada jenjang SMP/ MTs, selain menggunakan Kompetensi IPA secara umum, juga menggunakan pertimbangan kompetensi yang dapat dicapai peserta didik setelah belajar Ilmu Pangetahuan Alam

Harus diketahui bahwa Kurikulum 2013 ini mengembangkan dua proses pembelajaran yaitu proses pembelajaran langsung dan proses pembelajaran tidak langsung. 

Untuk proses pembelajaran tentunya guru dapat menggunakan berbagai macam model pembelajaran diantaranya seperti Discovery Based Learning (Pembelajaran Berbasis Penemuan), Problem Based Learning (Pembelajaran Berbasis Masalah/PBL), dan Project Based Learning (Pembelajaran Berbasis Projek/PjBL).
Download Silabus IPA Kelas 7, 8 & 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 Tahun Ajaran 2017/2018
Tag : Silabus
Back To Top