Silabus Mata Pelajaran PPKn Kelas 7, 8 & 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 Tahun Ajaran 2017/2018 - RPP Kurikulum 2013 Revisi 2019

Buku Mapel, RPP, Buku Kerja Guru, Perangkat Akreditasi, Silabus, PERMENDIKBUD, Buku Kerja Kepala Sekolah, Tematik, KKM, SKL, KI-KD, Juknis TK, PAUD, SD, MI, SMP, MTs, SMA, MA, SMK

Silabus Mata Pelajaran PPKn Kelas 7, 8 & 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 Tahun Ajaran 2017/2018

Seperti yang kita ketahui bahwa Mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) memiliki visi dan misi yaitu diantaranya adalah mengembangkan siswa menjadi warga negara yang baik yang memiliki rasa kebanggaan terhadap Negara Indonesia, cinta tanah air, jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi di lingkungan rumah, sekolah, dan sekitarnya serta berbangsa dan bernegara.

Harus diketahui pula bahwa Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) dirancang sebagai wahana untuk mengembangkan keterampilan abad ke-21 (The 21 st Century Skills) dimana ini bertujuan agar para guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) menjadisemakin kreatif dan inovatif dalam mengelola dan mengembangkan pembelajarannya.

Silabus mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) disusun berdasarkan format dan penyajian/penulisan yang sangat sederhana ini tentu saja bertujuan untuk mempermudah tenaga pendidik (guru) untuk memaahami dan melaksanakannya namun ini tentu saja guru harus tetap mempertimbangkan tata urutan (sequence) materi dan kompetensinya. Dimana prinsip penyusunan silabus diantaranya harus mudah diajarkan dan mudah dikelola oleh guru (teachable); sangat mudah dipelajari oleh peserta didik (learnable); terukur pencapaiannya (measurable assessable), dan bermakna untuk dipelajari (worth to learn) sebagai bekal untuk kehidupan dan kelanjutan pendidikan siswa.

Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) dimaksudkan agar berfungsi sebagai wahana bagi peserta didik agar bisa menumbuhkembangkan sikap, pengetahuan, dan keterampilan kewarganegaraan dalam kehidupan sehari – hari. 

Untuk itu pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) ditekankan pada pemberian pengalaman langsung dan tidak langsung untuk penguasaan kompetensi yang merepresentasikan sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan yang harus dicapai setelah menyelesaikan masa belajarnya

Pengorganisasian ruang lingkup materi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) ini dikembangkan berdasar atas dengan prinsip yaitu mendalam dan meluas, mulai dari jenjang SD/MI sampai dengan jenjang SMA/MA/SMK/MAK. 

Prinsip mendalam memiliki arti yaitu materi PPKn dikembangkan dengan materi pokok yang sama, akan tetapi semakin tinggi tingkat jenjang maka akan semakin mendalam pembahasan materi tersebut. 

Sedangkan Prinsip meluas memiliki arti yaitu lingkungan materi yang dimulai dari keluarga, teman pergaulan, sekolah, masyarakat, bangsa dan negara, serta pergaulan dunia. Kedalaman dan keluasan materi dapat dilihat dari rumusan Kompetensi Dasar. 

Kurikulum untuk Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk jenjang Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah disusun berdasar atas ruang lingkup sebagai berikut: 
  1. Pancasila, sebagai dasar negara, ideologi nasional, dan pandangan hidup bangsa. 
  2. Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai hukum dasar  tertulis yang menjadi landasan konstitusional kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. 
  3. Bhinneka Tunggal Ika, sebagai wujud filosofi kesatuan dalam keberagaman yang melandasi dan mewarnai harmoni kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. 
  4. Negara Kesatuan Republik Indonesia, sebagai kesepakatan final bentuk negara Republik Indonesia.
Materi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dari Kelas VII sampai Kelas IX dengan keluasan dan kedalaman seperti tabel berikut.
Peta Materi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan  SMP/MTs
Tag : Silabus
Back To Top