Silabus PKWU Kelas 7, 8 & 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 Tahun Ajaran 2017/2018 - RPP Kurikulum 2013 Revisi 2019

Buku Mapel, RPP, Buku Kerja Guru, Perangkat Akreditasi, Silabus, PERMENDIKBUD, Buku Kerja Kepala Sekolah, Tematik, KKM, SKL, KI-KD, Juknis TK, PAUD, SD, MI, SMP, MTs, SMA, MA, SMK

Silabus PKWU Kelas 7, 8 & 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 Tahun Ajaran 2017/2018

Perlu teman ketahui bahwa Silabus untuk mata pelajaran Prakarya untuk jenjang SMP/MTs disusun berdasarkan penulisan format yang amat sangat sederhana dan efisien. Tentunya ini bertujuan agar guru dapat mudah memahami dan melaksanakannya. Akan tetapi ruang lingkup dan substansinya tidak mengalami pengurangan, dan tentu saja masih tetap mempertimbangkan tata urutan (sequence) materi dan kompetensinya. 

Dimana Penyusunan silabus mata pelajaran Prakarya untuk jenjang SMP/MTs dikerjakan dengan prinsip keselarasan antara ide, desain, dan pelaksanaan kurikulum, agar mudah diajarkan oleh pendidik (teachable); agar mudah dipelajari oleh peserta didik (learnable); terukur pencapainnya (measurable), dan tentunya bermakna untuk dipelajari (worth to learn) ini tentunya agar bisa menjadi bekal untuk kehidupan dan kelanjutan pendidikan peserta didik.

Silabus mata pelajaran Prakarya untuk jenjang SMP/MTs untuk kelas 7, 8, dan 9 merupakan acuan bagi pendidik dalam melaksanakan pembelajaran disekolah, dimana ini bertujuan agar peserta didik mampu membuat produk prakarya yang presisi serta menumbuhkembangkan kreatifitas dengan menganalisis berbagai desain karya, mengidentifikasi dan mendeskripsikan proses pembuatan karya, membuat dan memodifikasi karya dalam konteks kearifan lokal. 

Perlu diketahui pula bahwa Silabus mata pelajaran Prakarya untuk jenjang SMP/MTs untuk kelas 7, 8, dan 9 ini bersifat fleksibel, kontekstual, dan tentunya memberikan kesempatan kepada pendidik agar mengembangkan dan melaksanakan pembelajaran, serta mengakomodasi keungulan-keunggulan lokal. 

Dan atas dasar prinsip trsebut, maka komponen silabus mata pelajaran Prakarya untuk jenjang SMP/MTs untuk kelas 7, 8, dan 9 diantaranya mencakup seperti kompetensi dasar, materi pembelajaran, dan kegiatan pembelajaran. 

Dan tentunya uraian pembelajaran yang ada didalam silabus mata pelajaran Prakarya untuk jenjang SMP/MTs untuk kelas 7, 8, dan 9 merupakan alternatif kegiatan yang dirancang yang berbasis aktivitas. 

Dimana Pembelajaran trsebut menjadi alternatif dan inspiratif sehingga pendidik bisa mengembangkan berbagai model yang sesuai dengan karakteristik masing-masing mata pelajaran. 

Dalam menjalankan silabus mata pelajaran Prakarya untuk jenjang SMP/MTs untuk kelas 7, 8, dan 9 pendidik diharapkan dan diminta untuk lebih kreatif dalam pengembangan materi, pengelolaan proses pembelajaran, penggunaan metode dan model pembelajaran, yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi masyarakat serta tingkat perkembangan kemampuan peserta didik.

Adapun Kompetensi yang Diharapkan Setelah Siswa Mempelajari Prakarya di Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah yaitu agar peserta didik mampu: meniru/imitasi (guided response) yaitu meniru gerakan secara terbimbing, dan manipulatif (membiasakan atau mekanisme) produk prakarya yang dibutuhkan sehari-hari dengan tahapan belajar mulai dari mencontoh produk yang telah ada (multi contoh) dan memodifikasi dan mengembangan produk (multi desain) dengan menekankan pada penumbuhan kreatifitas dan mencintai budaya 

Tag : Silabus
Back To Top