Memahami Proses Dasar Pembentukan Logam - Perangkat Pembelajaran Kompetensi Abad 21

Buku Mapel, RPP, Buku Kerja Guru, Perangkat Akreditasi, Silabus, PERMENDIKBUD, Buku Kerja Kepala Sekolah, Tematik, KKM, SKL, KI-KD, Juknis TK, PAUD, SD, MI, SMP, MTs, SMA, MA, SMK

Memahami Proses Dasar Pembentukan Logam

Bidang Keahlian    : Teknologi Dan Rekayasa
Program Keahlian : Otomotif
Paket Keahlian      : Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif 
Mata Pelajaran     : Teknologi Dasar Otomotif
Materi                    : Proses Dasar Pembentukan Logam
Kelas /Semester    : X/Ganjil

Kompetensi Dasar
3.7 Memahami proses dasar pembentukan logam 
4.7 Melaksanakan proses dasar pembentukan logam

Contoh Soal
  1. Jelaskan apakah yang dimaksud dengan pembentukan benda kerja dengan pengecoran (penuangan) ! 
  2. Sebutkan beberapa cara pembentukan benda kerja dengan cara penuangan (pengecoran !
  3. Sebutkan bagian-bagian dari cetakan pasir !
  4. Sebutkan macam-macam pasir yang digunakan sebagai bahan cetakan pasir untuk pengecoran logam !
  5. Jelaskan cara membersihkan benda kerja yang dihasilkan melalui pengecoran! 
  6. Apa yang dimaksud dengan proses pembentukan logam?
  7. Jelaskan proses pembentukan manual?
  8. Apa fungsi dapur pemanas pada proses penempaan?
  9. apa yang dimaksud pengerjaan dingin?
  10. Sebutkan peralatan yang digunakan pada proses tempa?
  11. Jelaskan proses pembentukan rol?
  12. Apa yang dimaksud dengan proses pengerjaan panas?
Kunci Jawaban 
  1. Pengecoran adalah membuat komponen dengan cara menuangkan bahan yang dicairkan ke dalam cetakan, kemudian dibiarkan membeku di dalam cetakan. 
  2. Beberapa cara pengecoran adalah Sand casting (penuangan dengan cetakan pasir),. Die casting (penuangan dengan cetakan matres), Centrifugal casting (penuangan dengan cetakan putar), Continuous casting, Shell moulding, Investment casting. 
  3. Bagian bagian cetakan pasir adalah pola(mal), inti(core), Cope, Drag, Gate dan Riser
  4. Macam-macam pasir yang digunakan sebagai bahan cetakan adalah pasir tanah liat, pasir minyak, pasir dammar(resinoid), pasir kaca air dan pasir semen. 
  5. Cara untuk membersihkan benda kerja yang diperoleh dari pengecoran adalah dengan menggunakan metode pembersihan secara manual atau bisa menggunakan alat bantu mekanik dan power tool diantaranya seperti sikat, gerinda, ampelas yang digerakkan dengan tenaga listrik atau pneumatic, selain itu untuk membersihkan bagianbagian yang rumit dan berongga dengan metode blasting.
  6. Pembentukan logam ialah suatu proses perubahan bntuk pada bnda kerja yang dilakukan dengan cara memberikan gaya luar sehingga akan terjadi deformasi plastis.
  7. Proses pengerjaan panas merupakan proses pembentukan yang dilaksanakan pada daerah di atas suhu/temperatur rekristalisasi (temperatur tinggi) logam yang diproses. 
  8. Pengerolan yaitu merupakan proses pembentukan yang dilaksanakan dengan cara menjepit pelat diantara dua rol. Rol tekan dan rol utama berputar berlawanan arah sehingga dapat menggerakan pelat. Pelat bergerak linear melewati rol pembentuk. Posisi rol pembentuk berada di bawah garis gerakkan pelat, sehingga pelat tertekan dan mengalami pembengkokan. Akibat penekanan dari rol pembentuk dengan putaran rol penjepit ini maka terjadilah proses pengerolan. 
  9. Pembentukan pelat scara manual ialah proses pembentukan yang dilaksanakan dengan menggunakan lndasan-lndasan pembentuk dengan menggunakan berbagai macam bentuk palu 
  10. Dapur pemanas atau dikenal juga dengan istilah dapur tempa berfungsi untuk memanaskan benda kerja sampai temperatur tertentu sesuai dengan jenis benda kerja yang akan ditempa. 
  11. Proses pengerjaan dingin merupakan pembentukan plastis logam di bawah suhu rekristalisasi
  12. Peralatan yang digunakan pada proses penempaan adalah dapur tempa, landasan, tang smeed, palu(untuk tempa tradisional), mesin tempa(sebagai pengganti palu), bak pendingin dan ragum.
Back To Top