Download Kisi-Kisi USBN 2018/2019 - Perangkat Pembelajaran Abad 21

Buku Mapel, TK, PAUD, SD, MI, SMP, MTs, SMA, MA, SMK, RPP, Buku Kerja Guru, Perangkat Akreditasi, Silabus, PERMENDIKBUD, Buku Kerja Kepala Sekolah, Tematik, KKM, SKL, KI-KD, Juknis

Download Kisi-Kisi USBN 2018/2019

Ujian Sekolah Berstandar Nasional yang selanjutnya disebut USBN adalah kegiatan pengukuran capaian kompetensi peserta didik yang dilakukan Satuan Pendidikan dengan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan untuk memperoleh pengakuan atas prestasi belajar.
Kisi-kisi USBN adalah acuan untuk mengembangkan dan merakit naskah soal USBN yang disusun berdasarkan kriteria pencapaian Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, dan kurikulum yang berlaku.

Paket naskah soal USBN adalah variasi perangkat tes yang paralel, terdiri atas sejumlah butir soal yang dirakit sesuai dengan kisi-kisi USBN.

Kisi-Kisi USBN
1. Kisi-kisi USBN ditetapkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).
2. Penyusunan kisi-kisi USBN berdasarkan kriteria pencapaian kompetensi
1. lulusan, standar isi, dan lingkup materi pada kurikulum yang berlaku.
2. Kisi-kisi USBN memuat level kognitif dan lingkup materi.
3. Kisi-kisi USBN disusun berdasarkan Kurikulum 2006 dan Kurikulum 2013.
4. Kisi-kisi USBN disusun oleh Kementerian. 
5. Khusus kisi-kisi USBN untuk mata pelajaran Pendidikan Agama, Pendidikan
6. Agama dan Budi Pekerti, serta mata pelajaran pendidikan keagamaan
7. disusun oleh Kementerian Agama.

Mata pelajaran yang diujikan dalam USBN meliputi seluruh mata pelajaran  sesuai dengan kurikulum yang diterapkan masing-masing satuan  pendidikan (daftar terlampir).  berikut daftar mata pelajaran bentuk soal, jumlah soal, dan alokasi waktu diatur sebagai berikut. 
 Catatan:
*)  USBN untuk mata pelajaran keagamaan pada sekolah keagamaan  disesuaikan dengan kurikulum yang ada dan dikonsolidasikan oleh masing-masing direktorat terkait di Kementerian Agama.

Untuk lebih jelas dan detail nya silahkan download  Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Ujian Sekolah  Berstandar Nasional (POS USBN) Tahun Pelajaran 2018/2019  disini


Tag : 2018, 2019, USBN
Back To Top